Berita

5 Tips Memilih Pel yang Mudah Digunakan dan Hasilnya Bersih

Beberapa pel saat ini memiliki jenis dan juga ukuran yang berbeda-beda. Bahkan untuk kain yang digunakan biasanya diperuntukkan untuk permukaan lantai yang berbeda juga. Misalnya permukaan lantai kayu, keramik, granit, ataupun marmer sehingga memiliki tipe dan penggunaan secara khusus yang disesuaikan dengan lantai di rumah.

Sehingga kamu tidak bisa membeli tanpa mengetahui fungsi dan kegunaannya terlebih dahulu supaya pembelian kamu memang sesuai dengan kebutuhan ataupun lantai yang digunakan di rumah.  Jika kamu membeli pel yang sudah dilengkapi dengan spray,  perhatikan kapasitas air yang bisa ditampung sehingga kamu tidak perlu bolak-balik mengisi air yang digunakan untuk membersihkan lantai.

Pahami Jenis dan Tipe Pel

Pel masa kini memiliki beberapa tipe dan jenis yang berbeda-beda. Misalnya ada pel yang bisa berputar, flat, hingga bahan dari spon karena mampu menyerap air lebih banyak. Untuk saat ini memang sedang tren pel bentuk spin karena lebih modern. Pel berbentuk spin ini bisa berputar sehingga diklaim mampu memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan kain pel biasanya. Selain itu, pel jenis spin ini sudah tersedia tongkat extension yang ukurannya bisa disesuaikan.

Pel yang paling sering digunakan adalah bentuk flat. Untuk rumah berukuran kecil masih cocok menggunakan jenis pel flat seperti ini. Kain pelnya juga bisa dicuci dan dilepas dengan mudah. Gagangnya kokoh dan bisa disesuaikan panjang pendeknya. Keunggulannya karena bisa dibersihkan dengan mudah tanpa menyentuh kain pel maupun air yang sudah dicampur dengan karbol.

Jenis pel yang lainya adalah pel dengan menggunakan kain spon yang bisa menyerap air. Fungsi spons bisa meraih sudut-sudut yang sempit serta permukaan lantai yang tidak rata sehingga proses mengepel jadi lebih maksimal.

Sesuaikan Ukurannya dengan Pengguna

Ukuran pel harus disesuaikan dengan penggunanya. Untuk wanita dengan tinggi rata-rata 155 cm tidak memerlukan gagang yang terlalu panjang. Namun, buat bapak-bapak dengan tinggi 170 cm pastilah memerlukan gagang yang panjang. Umumnya sudah dilengkapi dengan extension sehingga saat membersihkan tidak harus membungkuk yang bikin pinggang jadi pegal.

Cara Kerja Pel

Cara kerja pel juga berbeda-beda ada yang bergerak secara statis ke depan dan ke belakang ada yang berputar seperti pel yang berbentuk spin. Artinya cara kerja bel harus diketahui terlebih dahulu terutama jangan sampai merusak permukaan lantai apabila lantai yang digunakan adalah lantai kayu.

Selain itu pastikan juga bahwa kain pel yang digunakan tidak kasar.  Rata-rata kain pel yang cukup baik memiliki bahan dari kain microfiber. Tetapi, bahan ini juga bisa cepat kotor dan perlu diganti jika sudah rontok dan tidak maksimal saat membersihkan lantai.

Tipe Lantai

Sesuaikan dengan tipe lantai yang nantinya menjadi objek untuk dibersihkan. Lantai berbahan semen jelas tidak cocok jika menggunakan pel berbahan microfiber. Begitu juga dengan lantai kayu kurang cocok jika menggunakan pel spin karena cenderung akan merusak pola jika putaran terlalu kencang. Sebab itu, sesuaikan tipe dan jenis kain yang digunakan dengan permukaan lantainya supaya saat membersihkan menjadi lebih maksimal.

Bandingkan Harganya Jika Beli Online

Dari beberapa jenis pel tersebut yang justru mahal adalah kain dan teknologinya. Ada yang bisa memisahkan air bersih dengan air kotor bekas perasan. Begitu juga dengan teknologi pel yang tidak perlu diperas pakai tangan karena sudah disediakan alat perasnya di dalam ember yang disediakan. Amat wajar jika desain dan teknologinya itulah yang membuat jenis pel kini beraneka ragam harga dan variasinya.

Jangan sungkan untuk membandingkan harganya di lokapasar favorit kamu seperti Shopee, Tokopedia hingga Tiktok Shop. Pembayarannya bisa menggunakan Kredivo untuk transaksi apapun juga. Untuk total keranjang di bawah Rp 500 ribu, ada opsi beli sekarang bayar bulan dengan dengan cicilan 1 bulan saja. Tidak ada bunga hanya biaya admin saja kok. Daftarnya mudah bisa lewat aplikasi Kredivo yang bisa kamu unduh dari App Store maupun Play Store. Download Aplikasi Kredivo sekarang karena gratis tidak perlu bayar.

Syarat utama menjadi member Kredivo, berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), berusia antara 18 sampai 60 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, Deli Serdang, Brebes, Karanganyar, Banjarbaru, Karawang, Mojokerto, Sukoharjo, Demak, Klaten, Kendal, Kudus, Banyuwangi, Bitung, Kampar, Minahasa dan Minahasa Utara. Serta memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.